Cara membuat rumah jadi lebih sejuk dengan mudah

Cara membuat rumah jadi lebih sejuk dengan mudah

Rumah yang sejuk adalah idaman setiap orang, rumah yag sejuk akan semakin membuat penghuninya betah berada di rumah. Ada berbagai tips atau cara membuat rumah menjadi lebih sejuk dengan cara tradisional atau tanpa mengguakan ac atau air conditioner. Berikut cara cara agar rumah lebih sejuk :

1. Langit-langit tinggi

Langit-langit rendah membuat rumah merasa sempit dan menyesakkan. Sebaliknya, plafon tinggi akan membuat ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

Menghilangkan langit-langit sehingga ruang terbuka untuk atap juga dapat menjadi pilihan. Mengurangi panas, Anda dapat menggunakan lapisan aluminium foil dipasang di bawah genteng.

2. Rongga di bawah atap anti panas

Membuat rongga di bawah atap dapat mengusir radiasi panas dari daerah loteng. Hal ini dapat diterapkan di rumah dengan bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon.


3. lubang di gunungan membuat ruangan dingin

Buatlah lubang di atap berbentuk pelana. Namun, daripada membuat lubang sembarangan, tapi lubang udara mengalir sehingga rumah tidak panas dan pengap. Anda dapat membuat lubang sesuai selera. Misalnya, Anda dapat membuat sebuah lubang dalam bentuk segitiga dan bujur sangkar. Namun, ini masih disesuaikan dengan desain rumah. Jumlah lubang angin juga disesuaikan dengan iklim bangunan, seperti di daerah pegunungan tidak memerlukan banyak ventilasi. Lain halnya dengan iklim di daerah perkotaan.

4. Cukup bukaan

Rumah juga harus memiliki banyak bukaan yang memungkinkan udara alami masuk. Ini bisa menjadi solusi untuk rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

5. Ventilasi silang

Jendela dalam satu ruangan ini tampaknya tidak cukup. Dalam rangka pertukaran udara adalah berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan.

6. Dinding Styrofoam

Dinding styrofoam digunakan dalam studio rekaman sebagai peredam suara. Namun, ternyata struktur styrofoam yang terdiri dari butiran ini tidak bisa menghantarkan panas. Hal ini membuat styrofoam jadi isolasi termal yang baik.

7. Turbin Ventilator

Dipasang di atap, turbin ventilator dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. Angin yang berhembus, ditangkap sirip dan mengalir ke ruang, sehingga sirkulasi udara di ruangan lancar.

8. Kaca Film

Ada beberapa jenis kaca film yang beredar di pasaran: hanya untuk menjaga privasi, keamanan rumah, dan untuk menolak panas matahari ke dalam rumah. Jenis kaca film ini terakhir mulai banyak digunakan di bangunan atau perumahan konsep eco-friendly — yang menginginkan sinar matahari tapi tidak membuat kamar menjadi gerah.

9. Perbanyak Tanaman

Tanaman yang rindang di Taman rumah yang dapat membuat rumah menjadi dingin. Namun, apa yang akan terjadi jika halaman rumah terbatas? Solusi, Anda dapat tumbuh tanaman merambat atau tanaman menggunakan yang merambat di dinding. Selain menciptakan suasana adem, tanaman juga memasok oksigen untuk penghuninya.

10. Gunakan kipas angin

Suhu udara bergerak lebih rendah daripada udara yang diam. Pada malam hari untuk menempatkan kipas angin di jendela untuk membawa udara sejuk. Kipas di atap rumah juga dapat digunakan.

11. mengubah kipas angin jadi AC.

Yaitu dengan menaruh es batu di wadah atau baskom, lalu kipasi wadah tersebut, niscaya udara rumah jadi segar dan sejuk.

12. menemukan sumber panas

Cara lain yang harus diketahui di samping untuk mendinginkan rumah adalah untuk menemukan penyebab yang membuat gerah. Biasanya rumah tangga dapat mengeluarkan panas yang berlebihan yang membuat kenaikan suhu kamar tanpa kita ketahui. Jika Anda pergi keluar, mematikan semua peralatan listrik untuk mencegah limbah dan pengeluaran panas yang berkelanjutan dari alat-alat listrik tidak digunakan. Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, mencoba menggunakan peralatan yang menghasilkan panas hanya ketika udara/cuaca tidak sedang panas-panasnya.

13. kelembaban

Kelembaban membuatnya merasa lebih panas dan pengap. Mencuci pakaian kotor dan kain di pagi atau sore hari saja. Jika kamar mandi, Ruang cuci pakaian, atau dapur, buka ventilasinya. Berinvestasi dengan membeli alat pengurangan kelembaban.

14. Penataan lansekap

Bila Anda mengatur lansekap hunian, perhatikan juga pohon-pohon di sekelilingnya. Tidak memotong pohon-pohon yang ada kecuali terpaksa. Tanam pohon yang kokoh (berakar naik), tanaman menjalar untuk tembok luar rumah. Hindari penggunaan batu yang dapat menyerap panas, seperti semen dan aspal, yang terlalu dekat ke kediaman.

15. Buat kolam

Elemen Air di dalam selain menambah estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas.

16. Gunakan lampu hemat energi

Lampu fluorescent akan menghabiskan lebih sedikit energi dan penggunaan lebih lama dari lampu model lama. Meskipun mahal, dalam jangka panjang konsumsi energi Anda akan kurang dan biaya lebih murah.

Sumber : Google.com

0 Response to "Cara membuat rumah jadi lebih sejuk dengan mudah"

Post a Comment