Cara melakukan penyetelan katup mobil vw

Cara melakukan penyetelan katup mobil vw

Mobil vw atau volkswagen memang mempunyai kecepatan yang ok. Kecepatan ok itu bisa terjadi karena penyetelan katup / klep sesuai dengan takaranya. Penyetelan katub ini harus pas agar akselerasi maksimal. Penyesuain klep adalah suatu peraturan yang reguler untuk mesin vw yang harus dilakukan setiap 4000 km melakukan pemeriksaan terhadap kerenggangan klep. Alat-alat yang yang dibutuhkan adalah kunci ring 13mm, obeng men, fuller, kunci untuk busi, serta kunci 19/21mm, untuk memutar poly atas. Alangkah baiknya penyetelan klep dilakukan pada saat mesin dalam keadaan  dingin, atau kita merencanakan besok mau menyetel klep, diamkan semalaman,  esok pagi baru ita lakukan pekerjakan tersebut.

Langkah pertama yang kita lakuan adalah menetralkan perseneleng atau tranmisi dalam keadaan netral, selanjutnya mencabut kabel busi, dan melepas ke empat busi. Dan membersihkan busi dari kerak-keraknya, atu bisa disikat dengan sikat kawat, dengan ke empat busi yang terlepas kita akan lebih mudah memutar mesin lewat poly atas . kita akan melihat titik (top) pada poly crankshaft atau tulisan TDC untuk poly almunium tersebut ada dipuncak atas untuk selinder head 1, ( atau bisa dilihat dengan obeng dari lubang busi piston tersebut berada di posisi puncak.) Lepaskan tutup distributor/delco dan  rotor di posisi menujukan kabel busi ke busi no 1. sekarang kita berada pada titik top ke silinder .

Sekarang kita harus merayap, merangkak di bawah kolong sisi kanan vw dan membuka tutup katup dari sebelah kanan dari silinder . Menggunakan obeng besar dengan cara mencongelnya kawat tersebut dari atas kebawah., lalu kita buka tutup selinder tersebut, jika gabus atau gasket cover selinder head putus, harus diganti.(yang diberi tribon lebih baik tutup/covernya aja, sedang di selinder headnya gak perlu di beri tribon).

Perhatikan klep-klep ke 1, ada dua katup yang kedua-duanya(in & ex) harus tertutup sepenuhnya juga katup ke tiga (in/katup isap) pada selinder ke 2 (busi no. 2) juga ikut tertutup, kecuali katup keempat (ex/katup buang) akan terbuka. Untuk melakukan perubahan klep, ambil kunci 13mm, putar berlawanan arah jarum jam baut rocker arm/mengendurkanya, lalu gunakan obeng men sedang untuk memutar skrup(adjusting screw) jarak/ selah , lalu selipkan fuler (sesuai yang kita inginkan, untuk katup buang/ex .. ? sedang katup hisap/in…? ) ada yg disamakan, lalu mengencangkan kembali. Seperti yg sudah saya tulis di atas, dikalangan penggemar vw, saya yakin kontroversi penyetelan kerenggangan klep akan selalu muncul. yang pasti, masing-masing Spare part punya kelebihan dan kekurangan, tergantung keperluan kita yang mau memakai/pemilik vw itu sendiri.

Setelah selesai penyetelan ke dua klep pada selinder 1(busi no.1), kita harus mundur keluar kolong untuk memutar mesin berlawanan dengan arah jarum jam/kekiri, 180 derajat sampai rotor membawa kabel busi menuju selinder ke 2.(busi no. 2) Urutan pengapian untuk silinder vw adalah 1-4-3-2, dan mesin secara normal berputar arah jam. Maka ketika kita memutar mesin berlawanan arah jarum jam, kita mengikuti order 1-2-3-4. lebih mudah, karena posisi 1-2, berada di sebelah kanan, saat di kolong bisa menyetel dua buah selinder 1 & 2.

Sekarang, anda melakukan penyetelan klep pada selinder 2 (busi no. 2) dengan cara yang sama lakukan seperti silinder 1(busi 1) ketika selesai memasang tutup selinder dengan membasukan obeng kebagian bawah kawat, lalu mendorongnya keatas. keluar dari kolong dan memutar mesin lagi 180 derajat berlawanan arah jarum jam, yang membawa silinder 3 (busi no. 3) Kita sekarang dalam posisi untuk penyetelan klep pada selinder 3 pada sisi kiri sisi dari mesin, secara alami merangkak lagi kekolong sebelah kiri vw.,sama seperti yang kita lakukan sebelah kanan (membuka tutup selinder & menyenyel klep)

Begitu kita selesaikan tugas pada selinder 3 (busi no. 3), bergegas keluar kolong lagi lalu memutar mesin lagi 180 derajat ..berlawanan arah jarum jam, membawa ke silinder 4 (busi no.4) untuk penyetelan klep. Begitu selesai penyetelan klep, kita pasang kembali tutup selinder. Selanjutnya memasang kembali 4 buah busi, untuk jarak/kerenggangan busi biasanya ada tertera di busi itu sendiri., kemudian memasang kabel businya dan memasang lagi tutup distributor/delco. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat,

Buat yang suka modif mobil vw, bisa baca  :
Desain kombi yang unik dan menarik

Dan perawatan mobil vw agar tidak terbakar :
Cara mencegah agar mobil vw tidak mudah terbakar

2 Responses to "Cara melakukan penyetelan katup mobil vw"

  1. Salam sukses.
    Bung Aris..yth.
    Saya pemula yg ingin punya vw kodok.
    Jika berkenan saya minta saran..
    Trims.
    Tq.

    ReplyDelete