Kiat kiat dalam menyiasati penghasilan yang kecil

Kiat kiat dalam menyiasati pendapatan yang kecil

Menjaga keuangan agar tetap sehat adalah wajib kita lakukan, dengan menjaga keuangan dalam keluarga tetap sehat, maka akan tercipta suatu kebahagiaan. Beberapa hal yang harus anda lakukan agar keuangan anda tetap terjaga : 

1.Membawa bekal ke tempat kerja.
Walaupun terkesan tidak seberapa, namun dapat dihitung berapa pengeluaran yang dapat dihemat dengan membawa bekal makan siang ke tempat kerja. Jika sekali makan kita menghabiskan uang Rp 10 ribu, maka dapat berhemat Rp 250 ribu sebulan atau Rp 3 juta setahun.

2.Berbelanja bulanan
Biasakan membeli barang kebutuhan rutin seperti beras, minyak, sabun, dll secara bulanan. Untuk barang yang telah dirasa cocok, belilah dalam jumlah besar atau kemasan isi ulangnya. Hal ini akan menghemat uang karena harganya lebih murah dan tidak sering mengeluarkan biaya transport saat berbelanja.

3.Ciptakan pola hidup sederhana
Sebesar apapun penghasilan yang didapat akan selalu kurang jika tidak mampu mengendalikan pengeluaran. Berganti HP, jam tangan, laptop setiap tipe baru muncul bukan cara bijak untuk ditiru. Lakukan penggantian sesuai kebutuhan keluarga. Terapkan pola ini baik pada diri sendiri maupun anak-anak, karena pola berbelanja anak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua dalam membelanjakan uangnya.

4.Kreatif mengisi kegiatan
Untuk mengurangi intensitas keinginan anak-anak mengajak ke mall atau tempat rekreasi lain, kita bisa menciptakan suasana menyenangkan di rumah dengan ide-ide kreatif. Misalnya pada akhir pekan mengajak mereka berkemah di halaman rumah, dengan menggunakan seprai dan jemuran pakaian. Atau mengajak mereka memasak lengkap dengan pakaian koki, dan divideokan. Undanglah teman-teman mereka untuk lebih memeriahkan suasana.

Semoga ulasan saya bermanfaat.. Hidup lebih harmonis, ekonomis dan agamis.. Salah satu perintah Allah dan Rasul adalah hidup tidak berlebih-lebihan, disesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran.. Diharapkan dengan kita sebagai seorang istri dan ibu, dapat mengatur keuangan rumah tangga dengan amanah, memberi teladan yang baik bagi anak-anak, sehingga suami tidak terbebani dan melakukan tindakan yang tidak sebagaimana mestinya.. Amien…

0 Response to "Kiat kiat dalam menyiasati penghasilan yang kecil"

Post a Comment