Hati hati dengan tabung gas yang seperti ini

Hati hati dengan tabung gas yang seperti ini Beberapa hari ini netizen di hebohkan dengan sebuah foto tabung LPG 3 kg yang diduga bukti bentuk praktik kecurangan oleh para penjual yang beredar luas di medaia sosial, pasalnya di dalam foto tersebut terlihat sebuah tabung LPG 3 kg yang di bagian atasnya terdapat lempengan besi seberat 3,5 ons.

Olin Rombe Bunga, selaku pengunggah foto tersebut juga menambahkan kalimat sebagai berikut ; 

Sekedar informasi aja klo beli gas 3 kilogram jangan diambil tabung seperti yang saya tunjuk ini. Karena besi yang ditempel itu tujuannya untuk mengurangi berat gas. Kadang ada juga yang sampai 3 tempelan besi. 1 tempelan itu beratnya kurang lebih 3,5 ons,” tulis Olin.


Foto tabung LPG 3 kg yang terdapat lempengan besi

Dalam foto yang diunggah Olin, lempengan besi ditempek pada di bagian dalam sebelah kiri dekat lubang gas. Lempengan sebesar kotak korek kayu itu dilas dan dicat warna hijau, sama seperti warna tabung gas tersebut.

Sebelumnya sudah pernah terjadi

Sebelumnya, kecurangan penjualan gas 3 kg pernah diungkap oleh mantan ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri. Ia menjelaskan, bahwa setiap tabung gas 3 kg tidak diisi penuh dan menyisakan ruang 5-10 persen. Dari situ para penjual nakal mengambil untung sekitar Rp 300 per tabung.

2.Klarifikasi Pertamina

Benarkan kasus penemuan tabung tersebut bukti praktik kecurangan dari Pertamina? Saat dikonfirmasi ke pihak Pertamina, Humas Pertamina Wianda Pusponegoro, menegaskan bahwa tidak ada istilah kecurangan yang dilakukan Pertamina dalam hal ini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE).

Lebih lanjut Wianda menjelaskan selama ini Pertamina bermain di dalam bisnis yang legal dan sudah memegang kepercayaan selama 58 tahun.

"Kalau memang nggak sesuai berat, balikin ke agen minta ganti" katanya, seraya menambahkan untuk gas ukuran 3 kg, karena jika gas terisi penuh maka beratnya adalah 8 kg.


3. Berikut penjelasan Pertamina mengenai pelat besi yang kini meresahkan masyarakat

image.jpg

* Tabung LPG 3 kg memiliki berat kosong : 5 kg, masa edar tabung LPG 3 kg adalah 5 tahun, informasi ini sudah tertera pada tabung LPG 3 kg.

* Bila masa edar lewat dari 5 tahun, tabung akan ditarik dan dilakukan re sertifikasi kelayakan edar.

* Tabung LPG 3 kg termasuk kategori bejana tekan dan untuk proses re sertifikasi dilakukan Dinas Tenaga Kerja (instansi yang memiliki kewenangan dalam pengawasan dan mengeluarkan sertifikasi)

Salah satu tahapan pengetesan ulang dan re sertifikasi adalah :

1. Apabila berat tabung kosong di bawah 5 kg diluar range toleransi maka tabung LPG 3 kg akan ditarik dan tidak di edarkan kembali.

2. Apabila berat tabung kosong di bawa 5 kg namun masih di dalam range maka dilakukan kalibrasi dengan menambahkan plat besi.
Dari beberapa penjelasan Pertamina tersebut, kita tidak perlu khawatir lagi saat membeli dari agen resmi penual tabung gas karena tidak ada praktik kecurangan.

0 Response to "Hati hati dengan tabung gas yang seperti ini"

Post a Comment